Limpiang Pinyaram
wisata kuliner

Wisata Kuliner di Solok yang Murah & Enak

Kabupaten Solok kondang sebagai tidak benar satu daerah penghasil beras di Sumatera Barat. Daerah ini terhitung menaruh banyak potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Saat berkunjung ke Solok, Anda terhitung perlu untuk mencicipi kuliner khas daerah ini. Melengkapi kunjungan Anda ke Solok, tersedia sebagian makanan khas yang mampu dicoba sert akami akan membahs tentang permainan dari situs slot gacor hari ini via dana.

Ragam kuliner khas Solok memang mempunyai cita rasa khas masakan Minang. Makanan-makanan bersama rasa pedas yang menggugah selera. Solok terhitung mempunyai banyak makanan khas yang manis dan legit. Kuliner unik dan khas berasal dari Solok mampu dijumpai di sebagian daerah seperti di rumah makan, kawasan wisata, atau di pasar tradisional.

Kabupaten Solok mempunyai sebagian makanan khas yang kondang seperti kalio, gulai masak hitam, palai bilih, dan masih banyak lagi. Makanan untuk lauk sampai camilan sementara sedang bersantai. Jika Anda tertarik, sebagian daftar daerah wisata kuliner di Solok yang murah dan sedap tersebut ini mampu jadi referensi Anda.

1. Rumah Makan Kalio Baluik

Salah satu himbauan wisata kuliner di daerah Solok adalah mencicipi kuliner lezat yaitu kalio baluik. Kalio mempunyai penampilan yang nyaris sama seperti rendang, tapi proses memasaknya lebih simple dan tidak sangat lama seperti rendang. Kalio diolah bersama memanfaatkan belut, tapi mampu terhitung diganti bersama daging ayam atau sapi.

Bumbu yang dibutuhkan adalah cabai merah yang digiling, bawang merah, kunyit, lengkuas, jahe, daun jeruk, dan santan kelapa. Semua bahan dicampur dan dimasak sampai aromanya wangi. Masukan belut atau daging dan biarkan sampai masak dan airnya berkurang.

Resep masakan yang diperoleh berasal dari warisan turun temurun, sebabkan cita rasa kalio ini sangat khas. Kuliner khas solok yang kaya bakal aroma rempah ini sangat lezat untuk lauk nasi hangat.

2. Palai Bilih Rumah Makan Onah

Palai bilih merupakan pepes ikan bilih yang jadi menu favorit di Rumah Makan Onah. Menu ini perlu dicoba sementara Anda berkunjung ke kawasan Danau Singkarak. Jenis ikan bilih ini mempunyai rasa asli yang sedikit manis dan gurih. Bumbu pepes dibuat berasal dari campuran cabai, asam kandis, kunyit, jahe, dan daun kemangi khas Solok.

Bumbu dimasukan ke kelapa parut untuk sesudah itu dibalutkan ke ikan bilih. Ikan dibungkus daun pisang dan dibakar sampai matang. Proses pembakaran palai bilih di daerah ini cukup unik sebab memanfaatkan kerikil. Panas yang dihasilkan pun lebih merata dan palai mampu masak sempurna bersama aroma yang wangi.

Menu pepes ikan bilih ini mampu dinikmati bersama nasi hangat. Selain pepes, olahan ikan bilih khas Kabupaten Soloh yang perlu dicoba adalah peyek ikan bilih. Peyek yang gurih bersama sedikit aroma jahe. Makanan tradisional berbahan ikan bilih ini sesuai untuk lauk nasi sehari-hari.

3. Limpiang Pinyaram

Kue pinyaram jadi tidak benar satu jajanan tradisional berasal dari Sumatera Barat. Kabupaten Solok sendiri menyebutnya sebagai limpiang pinyaram. Jajanan yang banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional ini mempunyai penampilan seperti ke cucur. Bagian limpiang berwarna putih dan pinyaram mempunyai warna kecokelaran bersama anggota sedang yang menonjol.

Limpiang pinyaram merupakan makanan tradisional yang dibuat berasal dari bahan utama yaitu tepung beras. Adonan tepung dicampur bersama gula, garam, dan bahan-bahan pelengkap lainnya. Setelah adonan kental dan tercampur merata, adonan limpiang pinyaram langsung digoreng.

Kuliner khas Solok Selatan ini lebih nikmat untuk disantap sementara masih hangat. Cocok untuk camilan di sore hari bersama secangkir teh atau kopi. Kue yang semakin jarang dijumpai ini kerap digunakan untuk sajian sementara upacara pernikahan atau upacara rutinitas masyarakat Solok.

4. Gulai Ayam Hitam Kampung Sulit Air

Gulai ayam hitam khas Kabupaten Solok dibuat bersama memanfaatkan bahan buah galundi. Buah yang jadi pewarna alami tersebut disangrai dan sesudah itu ditumbuk sampai halus.

Proses memasak gulai ayam hitam ini tidak jauh berlainan bersama cara sebabkan gulai pada umumnya. Bumbu gulai yang telah disiapkan hanya perlu ditambah bersama bubuk galundi. Masakan khas Solok yang berwarna hitam ini mempunyai rasa yang gurih bersama daging yang empuk.

5. Pangek Pisang Warung Adzkia

Solok terhitung mempunyai kudapan manis yang khas yaitu pangek pisang. Olahan pisang kepok tersebut pernah kerap dibuat untuk aktivitas rutinitas seperti pengangkatan tokoh adat, pesta pernikahan, atau untuk bulan puasa. Namun, saat ini makanan ini mampu dinikmati kapan saja untuk camilan.

Masyarakat Solok sendiri biasanya menikmati pangek pisang bersama nasi lamak, lamang ketan, maupun lupis. Pangek pisang mempunyai rasa manis dan gurih berasal dari campuran gula dan santan kelapa. Panganan khas Solok ini tidak begitu rumit untuk proses pembuatannya.

Bahan-bahan untuk pangek pisang pada lain pisang kepok, kunyit halus, vanili, garam, daun pandang, dan santan kelapa. Pisang kepok dikupas dan sesudah itu ditumpuk di didalam kuali untuk dikukus. Bahan-bahan lainnya dicampur dan setelah itu disiram ke atas pisang yang bakal dikukus. Diamkan sampai pangek masak dan santannya kering.

Anda mungkin juga suka...