wisata kuliner semarang
wisata kuliner

Wisata Kuliner Di Semarang Yang Wajib Didatangi

Semarang, ibu kota Provinsi Jawa Tengah, adalah tempat yang kaya akan kuliner lezat. Berikut adalah beberapa tempat wisata kuliner di Semarang yang wajib didatangi:

  1. Lumpia Semarang: Lumpia Semarang adalah salah satu kuliner khas yang tidak boleh Anda lewatkan. Lumpia ini terbuat dari kulit lumpia yang slot garansi bebas ip tipis dan diisi dengan rebung, udang, telur, dan daging ayam atau udang, kemudian digoreng. Anda bisa menemukan lumpia enak di Pusat Lumpia Gang Lombok atau Rumah Makan Lumpia Gang Jangkrik.
  2. Mie & Bakso Babat: Mie dan bakso babat adalah hidangan yang sangat populer di Semarang. Mie ini disajikan dengan bakso, babat (usus sapi), pangsit, dan daging ayam, dengan kuah kaldu sapi yang kaya rasa. Anda bisa mencicipinya di warung-warung mie dan bakso di sekitar kota.
  3. Tahu Gimbal: Tahu gimbal adalah hidangan yang terbuat dari tahu goreng yang disajikan dengan tauge, telur rebus, taoge, kol, dan petis (saus ikan fermentasi). Anda bisa menemukan tahu gimbal yang lezat di sekitar Kota Lama Semarang.
  4. Soto Bangkong: Soto Bangkong adalah varian soto yang terkenal di Semarang. Kuah sotonya kental dan gurih, disajikan dengan potongan daging ayam, telur rebus, tauge, dan bawang goreng. Anda bisa mencicipinya di Warung Soto Bangkong atau Rumah Makan Soto Bangkong.
  5. Nasi Goreng Jancuk: Nasi Goreng Jancuk adalah varian nasi goreng yang pedas dan kaya rempah yang populer di Semarang. Nasi goreng ini disajikan dengan telur mata sapi dan irisan mentimun serta tomat. Anda bisa mencicipinya di berbagai warung makan di kota.
  6. Es Cendol Poci: Es cendol poci adalah minuman segar yang terbuat dari cendol (butiran tepung tapioka hijau), santan, gula merah cair, dan es serut. Minuman ini disajikan dalam poci tanah liat yang memberikan aroma khas. Anda bisa menemukan es cendol poci di sepanjang jalan raya atau di sekitar alun-alun kota.
  7. Nasi Liwet: Nasi liwet adalah hidangan nasi khas Jawa Tengah yang dimasak dengan santan, daun salam, serai, dan bumbu-bumbu lainnya. Nasi ini disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, dan sayuran. Anda bisa mencicipi nasi liwet di Warung Nasi Liwet Bu Tjondro atau Rumah Makan Nasi Liwet Wongso Lemu.

Itulah beberapa tempat wisata kuliner di Semarang yang wajib Anda datangi. Selamat menikmati kelezatan kuliner khas kota ini!

Anda mungkin juga suka...