Punti Kayu
wisata alam

Wisata Alam Sumatera Selatan untuk Liburan Akhir Tahun 2023

Sudahkah anda berencana liburan akhir tahun? Bila belum, tak tersedia salahnya untuk berwisata ke Sumatera Selatan. Sumatera Selatan miliki banyak ragam wisata alam yang sayang sekali jika tidak dikunjungi. Mulai berasal dari wisata rekreasi keluarga hingga mendaki gunung. Hm, seru sekali, bukan?

Sebenarnya tersedia banyak sekali pilihan wisata alam yang disuguhkan di Sumatera Selatan. Namun, Kami bakal merangkum 4 wisata alam paling baik di Sumatera Selatan yang paling recommended atau direkomendasikan. Yuk liat daftarnya selanjutnya ini.

1. Punti Kayu

Masyarakat Palembang pasti sudah memahami bersama Punti Kayu. Lokasi wisata ini berada di Jalan Kol H Burlian Km 6,5 Kota Palembang.

Jika Kalian ingin ke wilayah ini cukup enteng karena berada di tengah kota agar tidak kudu membutuhkan sementara tempuh yang jauh. Untuk menuju ke wisata ini mampu diakses bersama memanfaatkan kendaraan umum.

Mengutip web site Balai KSDA Sumsel, Punti Kayu masuk sebagai taman wisata alam (TWA). Di sana terkandung bermacam aneka ragam sumber energi alam meliputi flora dan fauna.

Tercatat tersedia 71 model pohon berasal dari 27 famili. Dua di antaranya didominasi oleh pohon Fabaceae dan Myrtaceae sebanyak enam jenis. Selain itu, tersedia termasuk model pohon pinus, mahoni, akasia, dan model lainnya yang tumbuh berukuran sedang.

Baca juga:

Rekomendasi Hotel di Taiwan untuk Liburan Nyaman dan Menyenangkan

Tempat Wisata Mojokerto Paling Populer, Wajib ke Sini!

Untuk fauna atau hewan, Punti Kayu miliki bermacam model terasa berasal dari monyet ekor panjang, babi hutan, bajing terbang, tupai, burung elang bondol, elang brontok, cekakak sungai, cekakak belukar, burung madu, burung sriganti, elang tikus, raja udang putih biru, kura-kura gading, cecak kayu, kadal kebun, kadal rumput, dan tokek.

Wisata alam Punti Kayu sesuai untuk Kalian yang ingin piknik bersama keluarga atau semata-mata wisata enjoy menyaksikan pepohonan rindang.

2. Gunung Dempo

Rekomendasi selanjutnya ini kudu masuk daftar liburan akhir tahun untuk yang suka mendaki gunung. Dikenal sebagai atap Sumatera Selatan, Gunung Dempo jadi destinasi alam yang miliki keindahan merapi.

Melansir berasal dari web site formal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Gunung Dempo mempunyai potensi alam yang cukup besar untuk Sumatera Selatan. Terletak di Kota Pagar Alam, Gunung Dempo miliki ketinggian 3.195 mdpl.

Pesona Gunung Dempo terbentang luas dikelilingi kebun teh. Tak cuma itu, wisata alam ini jadi bagian berasal dari Bukit Barisan yang jadi ciri khas Sumatera Selatan.

Ketika Kalian mendaki Gunung Dempo bakal mencapai keindahan alam di dua puncak. Puncak pertama sebelum saat pelataran Dempo, dan ke-2 adalah puncak merapi yang jadi primadonanya. Di sana terkandung sebuah kawah yang jadi energi tarik bagi para pendaki.

Menariknya, permukaan kawah mampu menghasilkan banyak ragam corak, terasa berasal dari hijau, biru muda, hingga abu-abu. Meski demikian, warna terakhir yang paling sering muncul.

Untuk hingga ke Gunung Dempo, Kalian kudu menempuh jarak 7-10 jam berasal dari Palembang ke Kota Pagar Alam. Lalu melanjutkan pendakian sepanjang 6 hingga 10 jam bersama berjalan kaki. Pastikan untuk menyiapkan mental dan alat-alat mendaki yang maksimal agar keselamatan selamanya terjaga.

3. Bukit Besak

Masih seputar pegunungan, kali ini sedikit lebih landai berasal dari Gunung Dempo. Ya, Bukit Besak. Terletak di Kabupaten Lahat, tepatnya di kurang lebih Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Merapi Selatan.

Bukit Besak miliki ketinggian 640 mdpl dan jadi salah satu bagian berasal dari bukit barisan di Sumatera Selatan. Untuk Kalian yang berminat mampu menempuh jalur sejauh 5-6 jam berasal dari Palembang untuk tiba di Kabupaten Lahat bersama memanfaatkan kendaraan pribadi. Kemudian laksanakan pendakian kurang lebih 2 jam untuk hingga ke puncak Bukit Besak.

4. Bukit Sulap

Melipir ke ujung Sumatera Selatan terkandung wisata Alam bernama Bukit Sulap. Berlokasi di Kota Lubuklinggau, jarak tempuh Bukit Sulap cuma 2 kilometer berasal dari pusat kota. Namun untuk Kalian berasal dari Palembang kudu laksanakan perjalanan sepanjang 8-10 jam untuk mampu tiba di Kota Lubuklinggau.

Wisata ini sesuai untuk Kalian yang menyukai ketinggian sedang. Tidak layaknya Gunung Dempo, Bukit Sulap cuma miliki ketinggian 700 mdpl. Namun, kondisi dingin sudah mampu dirasakan. Selain itu, tersaji hamparan tumbuh-tumbuhan alami.

Anda mungkin juga suka...