Uncategorized

Tempat Wisata Paling Hits Untuk Libur Lebaran

Tempat Wisata Paling Hits Untuk Libur Lebaran

Libur Lebaran merupakan selagi yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang untuk berlibur dengan keluarga. Kota Bandung jadi salah satu destinasi wisata yang diminati gara-gara menawarkan begitu banyak ragam tempat menarik untuk dikunjungi.

Destinasi wisata di Bandung juga sangat cocok untuk dihabiskan dengan keluarga gara-gara punya banyak layanan dan kesibukan yang agen sbobet terpercaya dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga. Mulai dari wisata alam, kuliner, hingga tempat bermain dan belanja, Bandung punya segalanya.

Berikut adalah enam himbauan tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Bandung dan sekitarnya, yang dirangkum oleh Liputan6.com pada Rabu, 26 April 2023, dari berbagai sumber.

  1. Water Coaster Dusun Bambu
    Water Coaster di Dusun Bambu Bandung merupakan kekuatan tarik terakhir bagi wisatawan yang datang ke Bandung. Objek wisata ini menawarkan sensasi meluncur di seluncuran air tak basah pertama di Indonesia. Dengan panjang 400 meter, pengunjung dapat menikmati pengalaman meluncur di atas ban yang dapat menampung dua atau tiga orang. Dusun Bambu juga menyediakan jas hujan sehingga pengunjung tidak mesti cemas kebasahan.

Selain Water Coaster, Dusun Bambu juga menawarkan berbagai wahana dan kesibukan rekreasi untuk segala usia. Wisatawan dapat berinteraksi dengan kelinci hingga burung hantu atau coba bermain busur panah dan berinteraksi dengan ular piton. Wisatawan juga dapat menikmati panorama alam yang indah dan asri yang berdiri di atas tanah seluas 15 hektar.

Tak hanya itu, Dusun Bambu menawarkan penginapan dengan suasana malam yang syahdu dan romantis. Ada pula pusat perbelanjaan, toko oleh-oleh, dan aneka kuliner di Cafe Burangrang, Resto Lutung Kasarung, dan Bamboo Gazebo Saung Purbasari.

Terletak di Jl. Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Dusun Bambu juga jadi tempat ekowisata yang memadukan keselarasan budaya tradisional Sunda dalam satu wilayah. Dengan tiket masuk seharga Rp40.000, Dusun Bambu buka setiap hari terasa pukul 10.00 – 20.00 WIB.

  1. Curug Pelangi

Curug Cimahi atau Curug Pelangi merupakan salah satu destinasi wisata air terjun di Bandung yang sangat indah. Dilansir dari Native Indonesia, air terjun yang punya ketinggian lebih kurang 87 mtr. ini terdapat di ketinggian 1050 mtr. di atas permukaan laut, dengan suhu berkisar pada 18-22 derajat Celsius.

Meskipun terdapat persis di pinggir Jalan Raya Kolonel Masturi, Curug Cimahi tersembunyi di balik tebing dan pepohonan, sehingga beri tambahan suasana hutan yang alami. Tempat ini makin unik dengan adanya group monyet liar yang cukup jinak.

Curug Cimahi pernah jadi ikon wisata unik di Lembang dan Bandung Barat dengan adanya lampu berwarna-warni di belakang air terjun selagi malam hari. Namun, lampu selanjutnya sudah tidak ada kembali gara-gara sudah rusak.

Jika Anda mendambakan datang ke Curug Cimahi, alamatnya berada di Jalan Kolonel Masturi No.325, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat. Tempat ini juga mudah dijangkau, tidak jauh dari Universitas Advent Bandung dan kerap dilalui selagi liburan ke Lembang. Selain itu, pada siang jelang sore dan matahari tengah cerah, Anda dapat menikmati keindahan pelangi yang keluar di dekat air terjun.

  1. Taman Hutan Raya Djuanda
    Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda adalah lokasi wisata alam yang mengagumkan di Bandung Utara yang mudah dijangkau dari pusat kota. Terletak di pada Dago Pakar (Curug Dago) dan Maribaya-Lembang, sebagian dari tempat Tahura Djuanda berada di lokasi kota Bandung, tetapi sebagian kembali berada di lokasi kabupaten Bandung Barat.

Dikutip dari Indonesia Kaya, awalannya taman ini merupakan anggota dari Hutan Lindung Gunung Pulosari yang diresmikan oleh pemerintah Hindia Belanda pada 1922. Kini, Tahura Djuanda dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda punya kekhasan vegetasi hutan dataran tinggi dengan tumbuhan Pinus merkusii yang cukup dominan. Ada juga keanekaragaman hayati yang luar biasa dengan 2.500 varietas tanaman dari berbagai tempat di Indonesia. Terdapat sebagian objek wisata layaknya Museum Ir. H. Djuanda, Gua Belanda, Gua Jepang, dan sebagian air terjun layaknya Curug Omas, Curug Koleang, dan Curug Kidang.

  1. Taman Langit Pangalengan

Taman Langit Pangalengan 360 adalah destinasi wisata panorama dan tempat perkemahan yang berlokasi di Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Dikutip dari laman formal Taman Langit Pangalengan, awalannya lahan pertanian yang diubah jadi sebuah destinasi wisata ini dibangun dan dikelola oleh PT. Taman Langit Jaya Wisata, yang terdiri dari orang-orang lokal Pangalengan yang mempunyai tujuan menggali potensi wisata di lokasi selanjutnya dan sekitarnya.

Terletak lebih kurang 50 km di selatan pusat kota Bandung, Taman Langit Pangalengan menawarkan keindahan alam dari ketinggian 1670 mdpl, yang meliputi panorama 360 derajat dari titik tertinggi. Dari sana, pengunjung dapat menikmati panorama tiga lokasi sekaligus, yaitu ke arah Timur, Selatan, Utara, dan Barat.

Daya tarik pertama dari Taman Langit Pangalengan adalah jembatan kayunya yang berbentuk huruf U, dan berada di tengah-tengah kebun teh. Tempat ini jadi favorit pengunjung gara-gara dapat menikmati view alam yang sangat indah.

Selain itu, Taman Langit Pangalengan menyajikan begitu banyak ragam spot selfie yang instagramable dengan latar alam yang berbeda-beda bergantung di sebelah mana Anda berdiri, layaknya hamparan perkebunan teh, Tangkuban Perahu, Pantai Selatan, dan gulungan awan serta kabut yang indah.

  1. Desa Wisata Alamendah
    Desa Alamendah, sebuah desa wisata di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sudah ditetapkan sebagai desa wisata lewat Keputusan Bupati Bandung pada tanggal 2 Februari 2011 sebagai desa wisata. Desa Wisata Alamendah sukses mencapai prestasi istimewa dengan jadi anggota dari 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Dikutip dari Indonesia Travel, desa ini menawarkan berbagai paket kesibukan yang mencakup kesibukan layaknya bertani, membuat olahan makanan dan souvenir UMKM, berlatih Pencak Silat, memandang pertunjukkan seni Karinding, memerah susu sapi, mempelajari pengolahan kopi, hingga bersepeda keliling kampung. Berbagai kesibukan ini merupakan tradisi dan kesibukan penduduk lokal.

Bagi yang punya selagi lebih banyak dengan keluarga atau sahabat, kemping di kawasan Curug Awi Langit dapat jadi pilihan menarik dengan cost Rp30.000. Desa Wisata Alamendah juga menawarkan spot foto Instagramable dengan latar belakang perkebunan stroberi yang terbentang luas di hadapan pengunjung. Wisatawan juga dapat menuai stroberi segera dari kebun dengan harga yang terjangkau dan menikmati makan siang berbentuk ayam sambel stroberi atau berbagai olahan stroberi lainnya di kedai binaan Badan Usaha Milik Desa Alamendah.

Anda mungkin juga suka...