Uncategorized

Masakan Jambi Yang Bisa Buat Lidah Begoyang

Tamasya dan liburan masakan ialah dua hal yang tak terpisahkan. Untuk itu, rasanya tak komplit jila berkunjung ke Jambi jikalau tidak mencicipi kulinernya.

Masakan Jambi, kota dengan slogan “Tanah Pilih Pesako Betuah” ini tak keok eksis dari kota-kota lainnya di Pulau Sumatera. Ada banyak masakan yang diburu pelancong dan mirip seperti di Palembang.

Ketika traveling ke Kota Jambi sayang sekali seandainya Anda melewatkan kulinernya. Berikut 5 saran liburan masakan yang menarik Anda cicipi selama di Kota Jambi.

Mie Celor

Mie Celor ialah saran pertama yang Okezone berikan. Kuranh rasanya jikalau Anda berkunjung ke Jambi tetapi tak mencoba sajian yang satu ini. Mie Celor yang paling sedap di Jambi dapat Anda cicipi di Mie Celor Xaverius.

Di sini Mie Celor dibanderol spaceman dengan harga yang relatif murah. Tak cuma itu, Mke Celor juga diberi tahu dengan kuah kaldu gurih yang sedap. Untuk toppingnya dikasih suwiran daging.

Mempunyai perpaduan rasa yang nikmat dan harga yang relatif murah, membikin Mie Celor di sini berhasil dicintai banyak orang. Terletak di depan SD Xaverius Pasar Jambi, sebaiknya Anda datang pagi hari.

Nasi Gemuk

Seandainya warga Jakarta punya Nasi Uduk, warga Jambi punya Nasi Gemuk. Disampaikan dengan lauk pauk membikin sajian ini jadi salah satu opsi menu sarapan kesukaan warga Jambi.

Padahal nampak sama, kedua sajian ini tentu saja berbeda. Nasi Gemuk diberi tahu bersama telor rebus, teri kacang goreng, suwiran ayam, suwiran daging, kuah kari, keripik, dan sambel.

Seandainya Anda tertarik mencoba menu sarapan ini, cukup menelusuri trek kota Jambi di pagi hari.

Kwetiau Siram

Sajian seperti mi, bihun, dan kwetiau banyak sekali ditemukan di rumah makan di Jambi. Salah satu menu yang paling tenar ialah Kwetiau Siram.

Uniknya, kwetiau di Jambi diciptakan dari tepung beras. Wujudnya malahan lebih tebal dari kwetiau di tempat lainnya.

Untuk menu Kwetiau Siram, kwetiau umumnya digoreng lebih dahulu bersama camliran telor. Kemudian disiram dengan kuah kental, daging, bakso, serta potongan sayur.

Salah satu rumah makan yang memberi tahu Kwetiau Siram yang sedap ialah RM Lestari. Seketika saja datangi letaknya di Mayang Mangurai, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi.

Kudapan Kojo

Kecuali makanan berat, warga Jambi juga punya kudapan manis khas, Kudapan Kojo namanya. Sajian sahabat kopi ini bertekstur kenyal seperti percampuran kudapan manis dan supaya-supaya.

Mempunyai warna hijau, Kudapan Kojo terbuat dari campuran pandan dan santan. Punya cita rasa gurih, wewangian yang dikeluarkan malahan benar-benar kuat.

Saking populernya, kudapan manis khas Jambi ini jadi kesukaan warga lokal dan pelancong. Kudapan Kojo bisa Anda beli dengan gampang di pasar tradisional ataupun tempat Talang Banjar dan Pasar Hongkong.

Es Kumpeh

Untuk makanan penutupnya, ada Es Kumpeh. Sebab cuaca di siang hari cukup panas, Es Kumpeh jadi digemari di kota Jambi.

Es Kumpeh terbuat dari campuran susu dan aneka rasa. Salah satu daerah Es Kumpeh yang terkenalcadalah Es Kumpeh Delico. Di sana terdapat dua variasi menu yang dapat dipilih, ialah original dan super.

Untuk rasanya ada coklat, duren, alpukat, stroberi, nangka, dan vanila. Pembeli juga dapat memilih mengaplikasikan gelas, roti, atau cone. Anda dapat lantas berkunjung ke letaknya di Jalan Kol. Pol. M. Thaher, Pakuan Baru, Jambi Selatan.

Anda mungkin juga suka...