Kuliner Khas Pekalongan
wisata kuliner

Kuliner Khas Pekalongan

Pekalongan, sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, memiliki kuliner khas yang unik dan lezat. Berikut adalah beberapa kuliner khas Pekalongan yang patut dicoba:

  1. Soto Pekalongan:
    • Soto Pekalongan memiliki kuah kaldu ayam yang kaya dan disajikan dengan mie, tauge, ketupat, daun bawang, dan bawang goreng. Rasanya lezat dan cocok dinikmati sebagai hidangan hangat.
  2. Nasi Pindang:
    • Nasi pindang adalah nasi yang dimasak dengan kuah pindang, yaitu kuah berbahan dasar ikan. Kuahnya gurih dan nikmat, seringkali disajikan dengan lauk seperti ikan pindang, telur pindang, dan sambal.
  3. Tahu Gimbal Pekalongan:
    • Tahu gimbal adalah hidangan yang terdiri dari tahu goreng, tauge, lontong, dan telur goreng, disajikan dengan kuah kental bumbu kacang dan petis. Rasanya gurih dan pedas.
  4. Getuk Lindri:
    • Getuk lindri adalah kue tradisional Pekalongan yang terbuat dari ketan yang diolah dan dicampur dengan kelapa parut. Kue ini memiliki rasa manis dan lembut.
  5. Nasi Kliwon:
    • Nasi kliwon adalah hidangan khas Pekalongan yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas, termasuk lengkuas dan serai. Nasi ini biasanya disajikan dengan lauk seperti sambal goreng hati, sambal goreng krecek, dan empal daging.
  6. Klepon Pekalongan:
    • Klepon adalah jajanan khas Indonesia yang juga populer di Pekalongan. Klepon Pekalongan terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bonus new member bulat dan diisi dengan kelapa parut yang dicampur gula kelapa cair.
  7. Sate Blengong:
    • Sate blengong adalah sate yang terbuat dari daging bebek (blengong) yang dipotong kecil dan ditusukkan pada tusuk sate. Sate ini kemudian dibakar dan disajikan dengan sambal kacang.
  8. Rujak Pekalongan:
    • Rujak Pekalongan adalah versi rujak yang khas di daerah ini. Buah-buahan segar seperti mangga, bengkoang, dan nanas dicampur dengan saus rujak yang pedas dan gurih.
  9. Bongko Roti:
    • Bongko roti adalah kue tradisional Pekalongan yang terbuat dari adonan tepung, kelapa parut, dan gula kelapa yang dibungkus daun pisang. Kue ini kemudian dipanggang hingga matang.
  10. Pekalongan Durian Pancake:
    • Pekalongan terkenal dengan durian pancake-nya. Pancake ini berisi durian yang lezat dan biasanya dijual sebagai oleh-oleh khas kota.

Pastikan untuk menjelajahi pasar tradisional dan warung makan lokal di Pekalongan untuk menikmati berbagai hidangan khas yang mencerminkan keanekaragaman kuliner Indonesia.

Anda mungkin juga suka...