tips liburan

Tips Berkendara Malam Hari Bagi Pemudik

Siapa yang tahun ini berencana untuk mudik lebaran? Banyak jenis transportasi yang bisa menjadi pilihan kita saat hendak pergi ke kampung halaman. Salah Slot Gacor 777 satunya adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil atau motor.  

Bukan hanya kita orang yang berencana untuk kembali ke kampung halaman, ada jutaan orang lain yang juga sudah menyiapkan diri untuk kembali ke kampung halaman. Karena kepadatan jalan inilah yang biasanya membuat orang enggan untuk pergi di siang hari. Selain karena terik matahari yang panas, kita pun masih dalam keadaan puasa.

Tapi berpergian di malam hari kita juga harus ekstra hati-hati, apalagi jika jalan yang kita tempuh masih minim pencahayaan. Untuk itu, berikut kami akan memberikan kamu tips berkendara di malam hari bagi pemudik.

Berkendara di Malam Hari

1. Atur Posisi Spion

Spion merupakan bagian penting dari kendaraan, di mana ini dipakai untuk meminimalisir adanya blind spot di kendaraan. Selain itu kita bisa melihat adanya pantulan sinar di belakang kendaraan yang menandakan ada kendaraan lain di belakang kita. Usahakanlah kamu mengatur posisi spion dengan baik, sehingga pantulan cahaya tersebut tidak terlalu menyilaukan namun masih bisa dilihat ketika berkendara.

2. Membersihkan Kaca Depan Mobil

Bukan hanya bersihkan bagian lampunya saja, kamu juga harus membersihkan bagian kaca depan. Jangan sampai kamu mengalami keterbatasan pandangan yang semakin diperparah dengan kaca mobil yang kotor dan penuh dengan debu. Apalagi berkendara di malam hari dan di jalan yang jarang pencahayaan, akan sangat berbahaya jika kaca tidak dibersihkan.

3. Mengatur Kecepatan dan Tetap Waspada

Jarak pandang yang kurang karena jalanan gelap membuat pengendara harus bisa meningkatkan kewaspadaannya. Kewaspadaan yang perlu untuk ditingkatkan adalah jaga jarak aman dan antisipasi adanya blind spot. Selain itu atur kecepatan, jangan terlalu cepat dan jangan terlalu lamban, hal ini karena kita tidak tahu apa yang ada di depan dan di belakang kita.

4. Mengatur Waktu

Untuk kamu yang memilih untuk berkendara pada malam hari, ada baiknya untuk mengatur waktu tidur sebaik mungkin. Sebelum kamu memutuskan untuk berkendara di malam hari, cobalah gunakan waktu siang untuk beristirahat. Hal ini untuk meminimalisisr rasa kantur di jalan. Bukan hanya itu saja, pengendara juga harus mengatur kecepatan dengan baik, ini karena pada jam tersebut ada banyak kendaraan yang meningkatkan kecepatan mereka. Selalu waspada dengan apa yang terjadi di jalan.

5. Bersihkan Kaca Lampu Mobil dan Periksa Keadaannya

Sebelum kamu memutuskan untuk berkendara di malam hari, pastikan keadaan lampu kendaraan terbebas dari kotoran. Ini penting, sehingga lampu dapat terang dan berfungsi dengan baik. Periksa keadaan dari mobil juga, apakah lampu berfungsi dengan baik.

6. Periksa Kondisi Karet Wiper

Tips terakhir dari kami adalah kamu wajib memeriksa keadaan dari karet wiper dan pastikan kondisinya dalam keadaan yang baik. Alat ini digunakan untuk membersihkan air yang menutupi pandangan ketika tiba-tiba hujan turun. Jika hujan di siang hari sudah dapat mengganggu pandangan, apalagi jika terjadi hujan di malam hari. Jika jarak pandang semakin berkurang, kami menyarankan untuk menunggu sampai hujan lebih reda sehingga jarak pandangan tidak terganggu.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan mudik di malam hari. Lakukan hal tersebut untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan di jalanan.

Anda mungkin juga suka...