Uncategorized

Alternatif Destinasi Tamasya Baubau, Dijamin Gabisa Move On

Bumi Anoa, sebutan khusus untuk Provinsi Sulawesi Tenggara, memang memiliki sejuta pesona yang tak ada habis-habisnya. Pelbagai tempat wisata opsi yang masih asri dan alami tersebar di bermacam-macam sudut tempat ini.

Seperti permata tersembunyi yang akan Bob bahas kali ini merupakan sebuah kota besar yang memiliki tempat wisata yang tersebar disekelilingnya merupakan Kota Baubau. Kota Baubau, merupakan sebuah kota administratif di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara dengan kekayaan sejarah dan tempat wisata.

Apa sih yang istimewa dari kota ini? Yuk kita simak penjelasannya dibawah ini.

Kota Baubau pernah menjadi daftar sbobet88 sentra Kesultanan Buton, loh. Kesultanan Buton merupakan salah satu Kerajaan Islam besar di Sulawesi Tenggara. Bukti kebesarannya malah masih dapat dipandang hingga saat ini. Apa sih yang membuat kesultanan ini menjadi besar dan berjaya di zamannya?

Rupanya jawabannya merupakan masyarakat dan pemerintahnya yang solid dan kuat sehingga Kesultanan Buton menjadi salah satu kerajaan yang tak pernah dijajah. Kesultanan Buton juga memiliki pertahanan kawasan yang benar-benar kuat dan diakui dunia hingga saat ini.

Kota Baubau sendiri masih menyimpan sisa kejayaan Kesultanan Buton yang dapat kau kunjungi dan kau kagumi kemegahannya sebagai tempat wisata favorit. Kecuali itu, Kota Baubau juga masih menyimpan tempat wisata lainnya yang tak tak kalah keren dan unik dari tempat wisata lain di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Bagaimana, sudah penasaran? Kalau sudah, yuk kita bahas satu-satu.

Benteng Wolio
Salah satu tempat wisata andalan Baubau yang paling harus kau kunjungi merupakan Benteng Wolio atau Benteng Keraton Buton. Benteng inilah yang tadi Bob sebut sebagai warisan sejarah dan kebiasaan masyarakat Buton.

Gak main-main, loh. Benteng Wolio sudah diakui oleh Guiness Book of Record sebagai benteng terbesar di dunia! Wih, sebagai orang Indonesia kita harus bangga loh kebiasaan kita mewariskan sesuatu yang benar-benar berharga bagi dunia.

Nah, untuk kau yang berkeinginan mengunjungi tempat wisata benteng dengan luas lebih dari 20 ribu hektar ini, gampang saja. Kau dapat bertanya dengan penduduk setempat atau mengikuti petunjuk jalan yang sudah tersedia. Letak benteng Wolio benar-benar strategis dan berada di puncak bukit sehingga jangan tanya deh pemandangannya. Keren banget!

Jejeran Meriam Diatas Bukit
Benteng Wolio terbuka untuk lazim dan masuknya gratis! Sebab sebetulnya, di dalam lingkungan benteng ini merupakan pemukiman warga, sehingga jalan masuk keluar masuk tempat wisata ini sudah menjadi jalan lazim. Konon katanya, mereka yang tinggal di dalam benteng merupakan keturunan raja.

Sesudah kau menjelang kompleks tempat wisata Benteng Wolio, kau akan disambut oleh panorama laut yang benar-benar indah dari atas bukit. Kau malah dapat berfoto di dinding benteng dengan jejeran meriam yang menghiasi tiap-tiap sisi benteng.

Kau dapat merasakan tiap-tiap sudut benteng dengan bebas. Kau akan merasakan suasana abad ke 15 saat keluar masuk dan berjalan-jalan di sekitar tempat wisata ini. Bagi pecinta serial Game of Thrones, Bob jamin, imajinasimu akan kastil-kastil tua akan terbayar di Benteng Wolio.

Invisible Fortress
Satu lagi yang unik dari tempat wisata ini. Dengan luasnya yang ribuan hektar dan bangunannya yang masif, benteng ini memang berfungsi debagai benteng pertahanan Kesultanan Buton. Dari dalam tempat wisata ini terhampar panorama laut dan Pulau Muna, pulau di seberang Pulau Buton.

Melainkan, seandainya kau mencoba memandang benteng dari arah laut, jangan harap deh kau akan menemukan benteng ini!. Benteng Wolio seperti tersembunyi sepenuhnya dari pandangan. Sehingga bajak laut zaman dahulu tak akan menyadari seandainya mereka dipantau dari jauh!

Lalu tiba-tiba BOOM! Meriam Kesultanan Buton akan menyerang tanpa aba-aba membuat perompak kocar-kacir. Karenanya dari itu, Kesultanan Buton senantiasa menjadi tempat yang aman dari serangan musuh.

Museum Kebudayaan Wolio

Perjalananmu mengeksplorasi tempat wisata di Benteng Wolio belum selesai, loh. Kalau kau berkesempatan untuk datang ke tempat wisata ini, jangan lupa mampir ke Museum Kebudayaan Wolio.

Museum Kebudayaan Wolio pernah menjadi istana Kesultanan Buton. Bangunannya malah masih benar-benar otentik khas kebiasaan Buton. Kau malah boleh masuk ke dalam dan memandang-lihat koleksi museum hanya dengan menyumbang uang setulusnya.

Disini,kau dapat mempelajari kebiasaan Buton lebih jauh lagi. Kau akan memandang bagaimana gaya hidup masyarakat adat tempo dahulu di kerajaan ini. Dan ada satu fakta menarik lagi, rupanya pemimpin pertama Kerajaaan Buton sebelum Islam masuk merupakan seorang perempuan!

Pemandu wisata malah akan membeberkan pada zaman dahulu, suku Buton memiliki kaitan erat dengan bangsa Mongolia! Menurut mereka, nenek moyang mereka berasal dari Mongolia. Menarik kan mempelajari kekayaan Bangsa Indonesia di Baubau?

Anda mungkin juga suka...